Jangan sampai..

“Adakah saya pernah berhutang kepada Anda..? Minta tolong & Silahkan diingatkan yaa.. Minta maaf juga atas segala khilaf..”.

Seutas kalimat diatas sengaja saya pasang di YM hari ini. Dalam perjalanan hidup kita yang sudah beberapa puluh tahun ini, tentu lah banyak berinteraksi dan bersentuhan dengan orang-orang di sekitar kita. Sudah tentu terkadang, entah sengaja atau pun tak sengaja, berjanji sesuatu tetapi ternyata tidak bisa memenuhinya. Terkadang, entah tersadar atau tidak, berhutang sesuatu dan lupa membayarnya.

“baik mas.. besok saya telpon ke rumah ya”. Tapi ternyata keesokan harinya kita tidak menelpon. Tanpa ada sebuah konfirmasi. Tanpa ada sebuah pemberitahuan.

Atau mungkin, ketika sedang makan siang bersama dengan teman, ketika membayar makanan dan tidak ada kembalian maka sementara meminjam uang teman, dan lupa untuk mengembalikan, walau cuman tujuh atau sepuluh ribu rupiah saja.

Itulah hidup kita. Dan di lain sisi, kita ini hanya lah makhluk. Tak pernah tahu sampai usia berapa kita hidup. Tak pernah tahu kapan ajal akan menjemput. Semua menjadi rahasia Illahi.

Tugas kita hanya mempersiapkan bekal terbaik tuk kehidupan nanti. Menjalani kehidupan yang lebih hakiki.

Jangan sampai di kehidupan nanti ada kerikil pengganjal. Jangan sampai ketika dihisab ternyata ada duri penghalang. Karena kita punya hutang kepada sesama. Atau ada orang-orang yang belum ikhlas dengan kesalahan dan kekhilafan yang kita perbuat. Jangan sampai..

6 Responses to “Jangan sampai..”

  1. yudhabs Says:

    Bener sekali, banyak sekali hutang-hutang yang dilupakan…..

  2. Medi Says:

    Semua manusia sombong.Hanya saja manusia yg bersyukur ygdiberi rido dari- Nya.

  3. Medi Says:

    Untuk buah hati ku .Tama&nalsa moga2,kalian menjadi anak yg berbakti ama sang pencipta dan ortu.Amin

  4. Ahdi Says:

    Mampir dulu dong bos…

  5. harjojok Says:

    memang segala sesuatu yang menjadikan merugi akherat adalah sesuatu yang tidak lupa tapi dilupakan dan sesuatu yang ditebar pesona tapi tidak ada bukti janjinya mudah mudahan kita tidak termasuk golongan orang orang yang seperti itu

  6. tira n Says:

    Hutang.. hutang.. kadang2 kita mnyepelekannya. padahal smua itu pastikan di minta pertanggung jawabannya di hadapan Alloh swt. Ingatlah bahwa Rosululloh saw saja tidak berkenan mensholatkan si fulan karna masih memiliki hutang di dunia, sekalipun si fulan mati sahid. mdah2an kita smua mati, tanta memiliki hutang di dunia, baik itu hutang uang, nadzar atau apapun… amin. tira pribadi mohon maaf, bila banyak kehilafan, mohon ihlaskan apabila tira mati msh brhutang pd anda2 smua. Wasslm wr wb.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: