Orang PA-DANG yang PAndai berDAgaNG dan Australia

rumahmakanpadang.jpg
Kemaren sempat “instant messenger”-an dengan seorang kakak kelas di kampus, yang kebetulan sedang menempuh pendidikan masternya di Australia. Dia sempat cerita beberapa hal tentang kehidupannya disana. Diantaranya tentang pergantian musim, kebudayaan, dan kehidupan kuliahnya. Namun, ada satu hal yang cukup menarik bagi saya, yakni cerita ketika dia berbelanja di pasar. Karena kebetulan selama tinggal di sana, teman saya ini lebih suka untuk memasak sendiri, daripada beli makanan jadi. Selain karena alasan lebih terjamin halalnya makanan yang dimakan, juga demi program pengiritan.. hehe (Ke Aussie khan mau sekolah, bukan dalam rangka travelling).
Melanjutkan cerita tentang berbelanja, biasanya teman saya itu kalau pergi ke pasar, cukup dengan naik bis kota dengan waktu tempuh sekitar lima atau sepuluh menit, sudah sampai di tujuan. Pasar di sana jangan dibayangkan seperti pasar tradisional di keputran ya, tapi lebih tertata rapi dan terjaga kondisi kebersihannya.


Di pasar tersebut lengkap semua kebutuhan sehari-hari tersedia. Ketika saya tanya, “biasanya belanja apa mas kalo pas pergi ke pasar itu?”. Dia menjawab bahwa biasanya membeli beras, sayuran, dan beberapa ikan atau daging sebagai lauk. Nah, menariknya adalah jika dia akan membeli sayur, maka sebagian penjual sayur di sana adalah orang vietnam. Sayuran yang dijual oleh orang Vietnam ini terkenal dengan kualitas yang baik, segar, dan harga yang lebih bersaing. Jika ingin membeli ikan atau daging, maka belilah pada orang pakistan. Lebih terjamin aspek kehalalannya.
Lalu saya iseng bertanya, “kalo orang madura ada gak, mas.. khan biasanya kalo disini penjual banyak orang madura”. Dan jawabnya “tidak ada”.
Hmm.. kenapa kok gak ada orang madura yang jualan di pasar sana ya. Atau mungkin orang PADANG, yang dikenal Pandai berDAgaNG itu membuka rumah makan padang, atau barang2 disana. Agar gelar pandai berdagangnya ini terbukti sampai ke manca negara, tidak sekadar di indonesia saja.  (17082007-2240)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: