what if i had never tried it..

“What if I had never tried it…” (Andai aku tak pernah mencobanya…)

Sebuah ungkapan yang (menurut saya) menjadi inti dari buku otobiografi Valentino Rossi, sang maestro balap motor. Buku otobiografi terbitan ufukpress setebal 302 halaman ini mencoba mengupastuntas perjalanan hidupnya di puluhan sirkuit dan ratusan balapan yang dilaluinya.

“Alam memberikan talenta, dan ia melakukan sisanya…”.

Sewaktu kecil, ia hanya ingin menjadi pembalap sepeda tercepat. Impiannya menjadi juara dunia. Tetapi, ia telah meraih lebih dari impian tertingginya. Ia mendominasi berbagai kejuaraan. Ia mematahkan lusinan rekor. Ia mengoreksi batas kecepatan dalam dunia balap motor.

Ia adalah dewa sirkuit motor, raja MotoGP, penguasa balapan motor. Ia tak terkalahkan. Ia memenangkan GP pertamanya pada usia 17 tahun. Pada tahun 2002, saat usianya baru 23 tahun, ia sudah mampu meraih sukses yang belum pernah dicapai siapa pun; memenangkan kejuaraan dunia untuk semua kategori: 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP. Sekarang ia telah menang di level internasional dengan Aprilia, Honda, dan Yamaha.

Valentino Rossi mengawinkan antara talenta, kesukaan (baca: kegilaan) pada dunia balap, usaha gigih dan pantang menyerah, keras kepala dan kepercayaan diri yang diimbangi dengan bukti, serta strategi cerdas nan seolah tak pernah redup..

11 Responses to “what if i had never tried it..”

  1. Guntar Says:

    Ini jadi kayak Michael Jordan di arena balapan ya. Pola2 tindakan dan kebiasaannya sama.

    Yg jelas, mereka semua memulai keluarbiasaan mereka sejak kecil, dg fokus dan persistensi. Dan memang butuh waktu untuk menuai kedahsyatan. Biarpun dia meraihnya dlm usia muda, tapi itu semua bukanlah hasil yg instant.

  2. kamale Says:

    “mereka semua memulai keluarbiasaan mereka sejak kecil, dg fokus dan persistensi”..
    nah terus, keluarbiasaannya sampeyan opo mas??
    kalo aku … mmm….😉
    dari kecil seneng banget sama yg namanya matematika, hitung2an.. seneng banget sama namanya mobil2an, balapan, adu kecepatan… dan kalo aku ingin sesuatu, tapi gak bisa, maka nangis dan usaha sampe dapet.. tapi kalo udah gak mau, walau dipaksa dan dirayu2 tapi tetep aja gak mau.. Cuman, untuk hal yg satu ini, ibuku selalu punya “cara cerdas” untuk bisa “menaklukkan” aku…😛 salut bgt buat ibunda tercinta🙂

  3. aghost Says:

    kalo rossi aja bisa juara dunia di usianya yang masih muda,lha apa yang bisa lho buat untuk diri dan bangsa kamu,ngaca dong….the right man on the rihgt place…..the doctor.

  4. giononurcahyadi Says:

    valentino rossi heboh bener gue suka ama maestro balap yang satu ini.kencangnya balapannya sama seperti kencangnya ia untuk menelusuri hidup ini gua fans berat pembalap satu ini cayo vallross.

  5. Elizabeth Says:

    ooohh..Rossi
    Hebat..Hebat..Hebat

    Tapi knapa skarang Loyo??

    Smangath Rossi…

  6. Kathleen Johnson Says:

    Wah…4 jempol aja belum cukup kalo buat ngakuin kehebatannya The Doctor.Walaupun sekarang kayaknya dia lagi kurang tenaga, tapi sampai kapanpun aku tetep dukung dia. Semoga tahun 2008 nanti menjadi bukti kalau Rossi masih punya ‘TARING’…
    KEEP FIGHT!

  7. khasmir46 Says:

    gau banget gt toh walau sering ga dapat podium vale tetap rajanya motogp,apa jadinya jika motogp tidak ada rossi

  8. khasmir46 Says:

    gua banget gt…, toh walau sering ga dapat podium vale tetap rajanya motogp,apa jadinya jika motogp tidak ada rossi…hambar kayak sayur tanpa garam…

  9. RiderX46 Says:

    motoGP without Rossi is ………..

    ngebosenin……

    maju terus The Doctor…………..

  10. aji Says:

    “What if I had never tried it…”

    untung ever tried, jadi bisa nonton gp dengan antusias

  11. Muhammad Yuqi Says:

    Mantab dah nieh org.. go rossi go..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: