tarik ulur peluncuran kartu kredit syariah..

“Belanja pake kartu kredit..?!”

“Ahh.. itu seh biasa, Bung..!!

Tapi kalo kartu kreditnya itu kartu kredit syariah, “nah.. itu baru luar biasa..!!”

Sekarang, sesedikit pengetahuan penulis, kartu kredit syariah itu belum ada. Namun, beberapa bulan terakhir, beberapa bank syari’ah telah meng-claim bahwa bank-nya sudah siap meluncurkan kartu kredit syariah. Mereka yakin bahwa kartu kredit syariah juga akan banyak diminati para nasabah, seiring dengan semakin berkembangnya perbankan dan transaksi-transaksi syariah.

Nah, sebenarnya sih, apa bedanya antara kartu kredit biasa (semacam citibank, visa atau master card) dengankartu kredit syariah yang nantinya akan diluncurkan (jika jadi) ??

Secara mendasar, transaksi dikatakan mengandung unsur riba’ dan dilarang jika ada unsur membayar uang lebih karena alasan tenggang waktu pada pembayaran/pelunasan. Nah oleh karena itu, beberapa ulama berpendapat bahwa jika kita menggunakan kartu kredit biasa tetapi berkomitmen untuk membayar sebelum jatuh tempo (pemakaian dilunasi di bulan yg sama atau sebelum jatuh tempo, dan masih belum dikenakan bunga.. harga barang yg dibeli dgn kartu kredit = harga yg harus dilunasi), maka ini tergolong belum melakukan riba’ (dlm urusan kartu kredit). Tapi jika sudah jatuh tempo dan kita kena charge harus bayar lebih, maka itu masuk riba’.

Nah itu menurut beberapa ulama. Sedangkan beberapa ulama lagi mengatakan bahwa walaupun belum jatuh tempo dan harga transaksi sama dengan harga pelunasan, maka itu juga sudah termasuk riba’. Dengan berbagai alasan dan dalilnya.

Nah, nanti jika peluncuran kartu kredit itu memang jadi ada, sesuai dengan permintaan dari Dewan Syariah Nasional (DSN) sebagai pengawas syariah seluruh aktivitas institusi-institusi keuangan syariah, kepada BI agar segera mengatur regulasi ttg kartu kredit syariah ini, maka entah gimana kira2 mekanisme kartu kredit syariah ini sehingga bisa keluar fatwa “halal” dan”syariah”.. Hhmmm…

6 Responses to “tarik ulur peluncuran kartu kredit syariah..”

  1. Guntar Says:

    Hmm… boleh juga nih.
    Aku sendiri juga pake kartu kredit; HSBC. Keperluannya utk melakukan pembelian online di Ebay, Barnes&Noble ama Amazon.
    Untuk ini, banknya kudu yg internasional, klo lokal ndak mau mereka. Indonesia kan punya reputasi buruk dlm hal penipuan kartu kredit.

    Apapun, memiliki kartu kredit by nature tu cukup berbahanya, terutama bagi mereka2 yg belum bisa kendalikan impulsifitas pembelian.

  2. Herizal Says:

    Tidak boleh orang sampai berhutang krn ingin makan, berobat dan sekolah . Justru mereka itu harus disedekahi atau dibantu.

    Dan tidak boleh juga orang berhutang hanya karena memenuhi hawa nafsu selain dari kebutuhan akan makan, berobat dan sekolah.

    Orang boleh berhutang hanya untung membuka usaha/bisnis.

    Maka dari itu perlu dirancang PRE-PAID CARD dengan tenggang waktu tertentu pembayaran. Dan apabila lewat masa tenggang akan dikenakan denda administrasi dangan masa tenggang waktu tertentu pula sampai eksekusi. Kemudian bank hanya ambil fee dari si penjual dan si pembeli toh dana di bank tidak bergerak dan resiko lebih rendah.

    .yang penggunaan jangan sampai orang menjadi berhutang tapi

  3. gingin januar Says:

    assalam,kadang kadang fasilitas yang didapat dari kartu kredit banyak disalh gunakan oleh para pemakai dan disalah artikan,ini salah satu celah yang dapat dipergunakan untuk membodohi orang islam yang agar selalu dikejar kejar dengan hutang, yang saya ketahui bahwa segala sesuatu pembiayaan yang diajukan harus sepengetahuan dari pemberi pembiayaan agar dananya tersalur dengan benar.maaf kalo ada yang salah dari kata kata saya

  4. sri N Says:

    saya sedang membuat tugas akhir tentang kartu kredit syariah, khususnya mengenai denda keterlambatan dalam kartu kredit syaraih. Oleh karenanya saya membutuhkan informasi sebanyak-banyaknya dari mbak/mas yang sudah memiliki kartu kredit syariah untuk berbagi pengalaman.. sri_nur_164_@yahoo.com. terimakasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: