Tak hanya sekedar independent..

Pagi tadi habis diskusi dengan seorang teman kerja, tapi kebetulan dia dari bagian engineering. Kira-kira jobdesc-nya berkaitan dengan urusan teknis mesin dan alat, agar bisa menghasilkan produk yang sesuai standar, agar mesin bisa berjalan dengan baik, dengan cost seminimal mungkin. Yaa kira-kira begitu..

Rekan tadi bercerita bahwa beberapa hari sebelumnya dia dapat masukan dari seorang mantan direktur sini, yang sekarang menjadi advisor, mengenai beberapa macam tipe orang bekerja, atau sebut saja karyawan. Ada beberapa tipe jika ditinjau dari segi tingkah lakunya (behavior) dalam kehidupan dunia kerja. Baik itu mengenai perilakunya terhadap dirinya sendiri, terus juga perilakunya ketika menghadapi masalah pekerjaan, maupun sampai perilaku ketika dia berhubungan dengan lingkungan kerjanya (superordinat, subordinat dan selevelnya).

Menurut beliau, tipe pertama adalah tipe “child”. Maksudnya bahwa dalam lingkungan kerja masih bersikap menyerupai sikap anak-anak. Masih sendiko dhawuh (sangat penurut) sama orangtuanya (dalam hal ini adalah superordinatnya). Masih belum punya pendirian atau konsep kerja, atau sebut saja visi misi tujuan serta target kerja, tidak punya sama sekali. Tipe ini masih belum bisa mengambil sikap sendiri dalam menyelesaikan kerjanya. Selalu butuh bantuan dan arahan dari superordinatnya, bahkan sampai urusan teknis yang tergolong kecil dan remeh. Ketika ada masalah sedikit saja, pasti akan mengadu pada superordinatnya.

Tipe yang kedua adalah tipe “independent”. Sesuai dengan namanya, tipe ini berperilaku merdeka dan bebas. Atau istilah lebih tepatnya, ingin dianggap sebagai seseorang yang merdeka dan bebas. Berperilaku asal kerjaan sudah selesai, maka ya sudah. Tidak peduli dengan partner kerja atau departemen lain disekitarnya. Tak peduli dengan orang-orang yang bekerja sebelum atau sesudah aliran proses kerjanya (dalam urutan workflow). Akibatnya beberapa hasil kerjanya (walaupun menurut versi kerja dia sudah beres, tetapi hasil kerjanya itu apabila dilanjutkan oleh bagian lain maka akan sangat menyulitkan mereka).

Sebenarnya tipe ini ada nilai positifnya, karena dia mempunyai prinsip dan konsep kerja sendiri. Cuma ada hal yang patut disayangkan, yaitu mengenai keindividualisannya, dan susahnya tipe ini ketika menerima masukan dan dalam bekerjasama dengan rekan kerja lain.

Tipe yang ketiga adalah tipe “interdependent”. Secara definisi sebenarnya sangat mirip dengan independent, cuman disini ada kelebihannya, yaitu pada kata “inter” (bukan inter milan lhoo..) yang artinya saling. Ada hubungan saling interaksi antara pihak ðependent. Ada kerjasama dan saling take and give antara pihak satu dengan yang lain. Mau menerima masukan/saran/kritik. Bersedia memberi masukan/saran/kritik juga. Punya prinsip dan konsep yang kuat, namun mau menerima dan menghargai prinsip dan konsep orang lain.

Independent itu hebat, bagus. Tapi seringkali kita lebih dikehendaki untuk menjadi seorang yang interdependent..

3 Responses to “Tak hanya sekedar independent..”

  1. suroi Says:

    hmmm…
    kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja cerdas
    itu pesan seorang sahabat kepada diriku beberapa waktu yang lalu
    ono hubungane gak😀

  2. Guntar Says:

    kurang Suroi, yg lengkap tu:
    – kerja Ikhlas
    – kerja Mawas
    – kerja Keras
    – kerja Cerdas
    – kerja Tuntas

    Ini mah saya taunya dari TRUSTCO ^_^

  3. Guntar Says:

    Btw, kok jadi ikutan ngomong yg ndak pati nyambung:mrgreen:

    Setauku, pria tu cenderung lebih bersikap independen, sementara wanita cenderung lebih bersikap interdependen

    Default Settingnya Gitu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: