tak lupa bawa oleh-oleh..


tak terasa sudah setahun lebih delapan bulan saya bekerja disini, AT indonesia. Sebuah perusahaan jepang yang bergerak di bidang manufaktur otomotif yang kebetulan joint venture dengan astra otoparts indonesia. Iya.. banyak belajar disini, tentang cara kerja, manage orang, manage waktu, kultur kerja, dll.. Dan mungkin salah satu yg cukup unik bisa dipelajarin disini, yakni tentang kultur orang jepang.. hehe..🙂

Ada sebuah kultur yang menurutku terkesan “njowoni” di kalangan orang jepang. Tak pernah kusangka dan tak pernah kuduga sebelumnya, bahwa ternyata orang jepang juga suka ngasih buah tangan, atau sebut saja “oleh-oleh”.

Ada kebiasaan disini, kalo pas salah satu orang jepang disini lagi balik dari luar negeri (dari “mudik” ke jepang sono, atau pas lagi trip ke luar lainnya), biasanya dan nyaris gak pernah lupa. Iya walaupun hanya coklat, atau permen atau mungkin makanan apa kek. Makanan kecil itu satu persatu dibagikan ke setiap meja di kantor sini.

Kalo dilihat dari segi harga, sebenarnya juga ga istimewa2 banget. paling juga cuman beberapa yen (1 yen sekitar 89 rupiah). Untuk beli se-office paling juga cuman seribu dua ribu yen.

Hal itu akhirnya, secara gak langsung juga diikuti oleh orang-orang di bawahnya, termasuk para manajer dan sekelasnya (orang lokal, kalo GM keatas, kecuali direktur dan vice presdir itu orangjepang semua).

Kupikir itu merupakan sebuah kultur yang menarik. Kultur yang mungkin sedikit lebih menghargai dan perhatian ke orang sekitar, baik temen atau kolega..

Pantesan tak pernah heran, kalo ketika mereka habis datang darimana, pasti bawa bungkusan2 yang seabrek jumlahnya.. hehe..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: