Ksatria baja hitam dan piala dunia

Demam piala dunia benar-benar spektakuler. Ditaksir hampir satu setengah milyar pasang mata tertuju pada setiap pertandingan yang berlangsung antara negara-negara yang “bergulat” diajang lapangan rumput seluas tak lebih dari 90.000 meter persegi. Demikian juga saya yang notabene tak pernah tertarik dengan yang namanya bola, tapi ternyata juga ikut terpana memandangi permainan olah kaki yang benar-benar lincah dari para pemain bola tersebut. Betul mungkin yang dibilang orang, bahwa penyakit yang namanya “gibol” ini akan benar-benar mewabah di bulan-bulan juni-juli ini.

Namun pada tulisan ini, saya tidak ingin membahas itu dalam tulisan ini. Saya lebih tertarik pada sebuah fenomena cukup unik yang ada terjadi pada pertandingan antara spanyol dan ukraina malam ini.

Dalam pertandingan malam ini, Ukraina yang diperkuat oleh seorang pemain dengan “lencana super” di ajang sepak bola, seperti Andre shevchenko (tulisannya bener ga’.. gak ngerti bola nih..) ternyata benar-benar dihabisin oleh Spanyol yang sebenarnya tak punya satu pun pemain yang benar-benar berlencana super sekelas Sheva ini.

Bayangkan.. skor empat kosong untuk keunggulan Spanyol ini mungkin akan menjadi skor tersadis di babak pertama piala dunia Jerman ini. Kekompakan dari tim Spanyol ternyata mampu mengunci mati kelihaian dan kesaktian dari Sheva asal Ukraina ini.

Yup, Sheva mungkin terkenal ditakuti bila sudah berada di sekitar daerah depan gawang. Namun premis ini tak lagi berlaku ketika dihadapkan pada kekompakan sebuah tim pertahanan milik Spanyol.

Saya jadi teringat pada hal yang pernah dikatakan oleh manajer saya pada suatu kesempatan di sebuah meeting department. Sebuah perkataan yang punya banyak pesan dengan dikemas dalam sebuah canda sederhana, “kalo kalian kerja itu harus seperti power ranger, kompak, bareng-bareng.. jangan seperti ksatria baja hitam yang kerja sendiri-sendiri..”. Sehebat dan sesakti apa pun seorang ksatria baja hitam pasti akan dapat terkalahkan oleh kekompakan sebuah tim. Misalkan ksatria baja hitam itu bias menang pun, maka mungkin ksatria baja hitam hanya akan menang dalam satu atau dua buah kancan perang saja, tapi takkan pernah bisa memenangkan sebuah peperangan panjang.

Ada juga sebuah ungkapan menarik dari salah seorang pemimpin terhebat sepanjang sejarah, yakni Umar Bin Khattab R.A. bahwa kebenaran yang tak terorganisis nantinya akan mudah dikalahkan oleh sebuah kebatilan yang terorganisir.

2 Responses to “Ksatria baja hitam dan piala dunia”

  1. littlejarni Says:

    Ralat dikit nih..
    Spanyol dari segi pemain, jelas diatas Ukraina. Bahkan utk tahun ini liga Spanyol diklaim sebagai liga terbaik(tim2 dr spanyol sukses menggondol piala champions dan UEFA).

  2. owner Says:

    nah betul khaan..!!
    ternyata aku memang ga ngerti blass tentang bola..!!

    beribu maaf bagi para gibol mania..
    dan thanks atas commentsnya🙂

    salam🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: