Ramadhan #2


hari ini hari kedua Ramadhan,

secara syariat,
dalam ibadah puasa Ramadhan,
disunnahkan untuk makan sahur,
pada beberapa saat sebelum subuh

dari segi kesehatan,
makan sahur juga baik,
untuk mengisi energi awal,
sebelum menahan lapar dahaga sepanjang hari

tapi,

lagi-lagi di hari kedua ini,
saya tidak makan sahur

sebagaimana hari pertama kemarin,
yang juga belum sempat makan sahur,
hanya beberapa butir kurma kecil,
yang sempat mengisi..

yup,
alhamduliLlah,
bersyukur..

tapi,
yang ingin saya tekankan,
bukan lah pada saya yang kurang bersyukur dengan hanya beberapa kurma,
bukan pula karena saya tidak suka sahur,
melainkan,
pada ‘terulangnya’ kejadian,
bahwa saya tidak makan sahur..

iya,
kok bisa terulang sih ‘kesalahan’ yang sama..!
hmm…
tidak bisa kah,
ketika hanya satu kali saja kesalahan,
maka itu bisa menjadi pelajaran..

maka,
tidak cukup kah,
ketika tanpa mengulang kesalahan,
saya bisa mengambil hikmah..

tidak bisa kah..!

yap,
pasti bisa..
tentu mampu jika saya pandai-pandai mengambil hikmah,
yakin bisa,
bila indera saya lebih cermat merasakan pelajaran..

dan..
mungkin akan lebih baik lagi,
jika saya tak perlu berbuat kesalahan..!
tak harus saya yang berbuat kesalahan,

tapi,
bisa mendapat pelajaran
dari belajar pada kesalahan orang lain…
tentu bisa…

3 Responses to “Ramadhan #2”

  1. Melanie Alamo Says:

    Speaking Up After The Buyout: Brent Simmons & Greg Reinacker
    Greg Reinacker and Brent Simmons held both a press event with mainstream media, as well as making themselves available to bloggers like Niall Kennedy , who posted the audio of his interview with them to his …
    Find out how to buy and sell anything, like things related to music on interest free credit and pay back whenever you want! Exchange FREE ads on any topic, like music!

  2. Long Island Guide Says:

    Hi,

    This is interesting, I’ve been looking around to get some ideas for our blog. Haven’t started yet. I’m hoping you can give some advise. Here’s my topic and website. Please take a look.

    long island entertainment . It pretty much covers long island entertainment related stuff.

    Come and check it out and if you can suggest something I would love to hear your advice 🙂

    Best regards,

    Lonny

  3. Askinstoo Says:

    Just thought I’d let you know about a site where you can make over $800 a month in extra income. Go to this site   MAKE MONEY NOW  and put in your zip code….. up will pop several places where you can get paid to secret shop, take surveys, etc.  It’s free.  I found several and I live in a small town!


Leave a Reply

